Kumpula istilah dalam Dunia Komputer

   




      Ada banayak istilah ataupun singkatan didalam dunia komputer. agar dapat mempermudah mengingat ataupun memperudah  dalam penulisannya adapun beberapa istilah tersebut antara lain :


AI ( Artifical Intelligence )

    Yaitu ilmu yang mengembangkan komputer agar dapat bekerja dan berfikir serta mengambil keputusan seperti layaknya manusia.


ALU ( Arithmetic And Logical Unit )

     Adalah bagian dari CPU yang berfungsi untuk memproses data secara logika dan juga data - data yang memerlukan perhitungan. ALU terdiri atas register - register untuk menyimpan informasi


ANSI ( American Notional Standards Institute ) 
    
    Lembaga yang menentukan patokan untuk pemerosesan data, memberikan aturan baku dalam menggunakan kode dan bahasa dari suatu bahasa pemograman


BIOS (  Basic Input Output System ) 
    
     Yaitu bagian dari sistem operasi yang dapat mengindentifikasi set program yang digunakan untuk proses boot komputer, sebelum menempatkan disket/dist  sistem.  di Bios juga terdapat banyak pengaturan atau setting seperti set Time Komputer dll. BIOS terdapat di ROM, dari sistem Dan Umumnya tersimpan secara permanen.


RAM ( Random Acces Memory )

    Berfungsi  Menyimpan Masukan Berupa data dan perintah yang bersifat sementara. data yang disimpan dalam RAM bersifat Volatile, Yaitu akan Hilang (Terhapus ) jika komputer dimatikan dan tidak ada lagi aliran listrik.


VGA ( Video Graphics Adapter ) Card 

     Perangkat ini berhubungan dengan Tampilan dilayar AMonitor, dengan mengubah data dari prosesor dan RAM untuk dapat ditampilkan secara Visual di layar monitor.


USB (Universal Serial Bus ) 

     Socet yang terdapat di semua perangkat komputer untuk mengkoneksikan 1 perangkat ke perangkat lain dengan kabel usb ataupun flashdist.


CMOS (Compelementary Metal Oxide Semiconductor )

    RAM  berukuran kecil 64 byte yang menyimpan setting bios saat sedang dimatikan, contoh setting Jam.


LCD ( Liquid Crystal Display ) 

    Adalah Jenis tampilan layar yang menggunakan Persenyawaan cair yang mempunyai struktur Molekul Polar di apit antara dua elektroda yang transparan.


EDP ( Electronic Data Processing )

    Adalah Pengolahan informasi yang dikerjakan secara elektronik oleh komputer

Built - in 

     Istilah untuk menyatakan suatu alat yang telah terpasang/ menyatu didalam Perangkat lain.


Chace Momory 
    
     Adalah Memory berkecepatan tinggi yang mampu bekerjasama dengan CPU, bertindak sebagai buffer antara CPU dan Memory utama yang lamban.

Disabled 

     adalah untuk membuat sebuah peralatan / item / pengaturan  yang dimaksudkan menjadi tidak berfungsi


Enabled 

     adalah kebalikan dari disabled untuk membuat sebuah peralatan atau setting menjadi berfungsi.


Pixel  ( Picture Element )
    
adalah Titik titik cahaya yang membentuk suatu objek di layar komputersemakin banyak jumlah titik pixel dalam suatu gambar maka semakin besar resolusi gambar tersebut dan semakin baik pula.


Warm Boot 

     Yaitu Me'Restart Komputer dengan menekan tombol perintah yang ada di Keyboard ( Ctrl + Alt + Del )


UPS ( Uninterruptable Power Supply )

    Yaitu Perangkat yang berfungsi sebagai penyedia daya listrik sementara atau cadangan saat sumber daya listrik utama (PLN ) Padam.


Shorcut 

     Yaitu ikon - ikon yang berfungsi untuk cara cepat membuka sebuah Program, tampa membuka directori penginstalan program  Misalnya Shorcut Microsoft Word yang ada di desktop ,


CPU (Centra Processing Unit )

     Merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer karena merupakan otak dari komputer tersebut. merupakan pusat pengolahan data dan [engontrolan kerja komputer (Proses).

ROM (Read  Only Memory 
    
    digunakan Untuk Menyimpan perintah data secara tetap, sesuai dengan namanya komputer tidak dapat mengubah data dan p[erintah yang disimpan di ROM. Contoh perintah yang dijalankan pada saat komputer dinyalakan.


Motherboard
  
    Merupakan Perangkat komputer yang berfungsi sebagai tempat perangkat perangkat lain  seperti prosesor, memory, VGA Card, Sound Card, Lan Card dan lain - lain.  setiap perangkat mempunyai slot tersendiri


     hanya segelintir saja yang dapat admin tulis untuk kumpulan istilah dalam dunia komputer. semoga bermanfaat bagi teman - teman. Terimakasih :)

0 Response to "Kumpula istilah dalam Dunia Komputer"

Post a Comment