Dampak Positif dan Negatif Fashion Style bagi Remaja




Selama bertahun-tahun, fashion memiliki pengaruh yang sangat besar bagi cewek karena cewek lebih cenderung untuk mengikuti mode terbaru daripada cowok. Bagi cewek, fashion merupakan sebuah pernyataan yang menentukan kepribadian cewek itu sendiri dengan tampil beda dengan yang lainnya. Pengertian yang sesungguhnya, fashion haruslah unik atau berbeda dengan yang lainnya, namun kini fashion telah mencetak generasi yang ingin meniru orang menjadi “supermodel”.
Seperti yang kita ketahui, berkembangnya fashion yang begitu pesat ini membawa pengaruh yang negatif dan positif. Berikut adalah dampak positif dan dampak negatif yang muncul sebagai akibat berkembangnya fashion.

Dampak Negatif dari Gaya Berpakaian

Identitas. Ketika kamu mencoba untuk mengikuti fashion yang sedang berkembang sekarang ini, identitas kamu juga akan terpengaruh dengan gaya busana yang sedang menjadi trend sekarang ini. Industry fashion menciptakan supermodel yang cantik hanya dari segi fisiknya saja. Bisakah kita menebak bagaimana supermodel tersebut yang sesungguhnya? Sulit bukan?
Sebagian besar perempuan bekerja keras untuk membuat dirinya menjadi supermodel, karena kesalahpahaman mereka sendiri mengenai kata “cantik” itu sendiri. Mereka berfikir bahwa kata-kata cantik itu merupakan indah secara fisik. Jadi, bagi mereka ada kelebihan lemak sedikit saja itu akan membuat mereka menjadi tampak tidak indah.

Di lihat dari segi keuangan. Seringkali cewek membuang uangnya hanya untuk mengikuti trend dengan membeli pakaian-pakaian bermerk yang sangat mahal. Tidak sedikit dari mereka yang setiap bulannya berbelanja pakaian terbaru yang akan membuatnya tetap tampil cantik dan gaul. Padahal jika kita pahami lebih dalam, semua hal yang dilakukannya tersebut hanya akan membuatnya menjadi seorang pribadi yang konsumtif dan boros.

Tekanan tersendiri bagi remaja. Fashion styles memberikan dampak yang sangat besar bagi perkembangan remaja. Jika remaja putrid tidak mengenakan pakaian terbaru yang bermerk mahal dan terkenal, mereka akan dianggap sebagai remaja yang tidak “up to date” alias ketinggalan zaman. Selain itu, mereka mungkin saja akan di jauhi bahkan ditinggalkan. Hal tersebut akan mengakibatkan remaja menjadi remdah diri dan bahkan depresi.

Dampak Positif Fashion Styles

Identitas. Jika kita ambil sisi positif dari perkembangan fashion styles sekarang ini, gaya-gaya terbaru akan membuat kamu menjadi lebih kreatif dan unik untuk menciptakan seorang pribadi yang unik dan berbeda dari yang lainnya, yang tentu saja sesuai dengan keprbadian kamu sendiri. Ini adalah masalah kepahaman setiap orang, bagaimana mode dapat mempengaruhi seseorang dalam cara yang positif.
Jika di pandang dari sisi positifnya, fashion adalah tentang gaya pribadi kamu, itu bukan berarti kamu harus mengikuti trend yang sekarang ini ada. Kamu tidak perlu bergaya seperti supermodel, karena kamu mempunyai gaya tersendiri yang pastinya berbeda dengan yang lainnya. Kamu bisa menjadi cantik dengan gaya kamu sendiri, karena kecantikan itu datangnya dari dalam.

Sisihkan uang untuk tabungan. Kamu tidak perlu membeli pakaian bermerk terkenal dan mahal, karena kam punya gaya tersendiri untuk menjadi sosok yang unik. Lemari pakaian kamu tidak perlu up to date. Kamu dapat mencampur dan mencocokkan pakaian-pakaian yang kamu miliki. Cukup dengan menambahkan sedikit aksesoris, lama kelamaan akan menciptakan sesuatu yang baru dan trendi. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk bisa “IN” dalam mengikuti fashion terbaru. Kamu hanya butuh kreatifitas untuk menciptakan sesuatu yang baru. Maka dari itu, ciptakan mesin kreatifitas kamu agar kamu tetap bisa “IN” dalam dunia fashion kamu sendiri.

Be confident. Untuk menjadi popular, itu tidak akan menjadi maslah bagi kamu selama kamu yakin dengan penampilan kamu. Fashion bukan berarti pakaian mahal dari designer terkenal. Jika kamu yakin dengan gaya kamu sendiri, kamu akan tetap mendapat perhatian dari orang-orang dan semua itu tidak akan menjadi masalah bukan?

Menurut designer papan atas, fashion styles bukan berarti kamu memakai pakaian dari designer terkenal dan merk bagus, tapi bagaimana kamu bisa mengembangkan kreatifitas kamu sendiri untuk tetap bisa merubah sesuatu yang sederhana menjadi trend baru. Buanglah kekhawatiran kamu dan janganlah takut untuk menjadi indah bagi diri kamu sendiri. Karena cantik tak selamanya dilihat dari fisik, pribadi yang positif akan terlihat lebih cantik daripada supermodel yang terkenal hanya karena fisiknya saja.


Sumber Artikel : http://kvp213niendita.wordpress.com

1 Response to "Dampak Positif dan Negatif Fashion Style bagi Remaja "

  1. Artikel yang bagus dan menarik. kunjungi juga http://ceramahimtaqsmp.blogspot.co.id/

    ReplyDelete